Rabu, 19 Oktober 2016

Kopi Goncang yang Mengguncang

Kopi Goncang/anakponti


Kopi Goncang, minuman kopi berbasis robusta yang dipilih dari bebijian kopi secara khusus. Diseduh dengan memaksimalkan teknik Pre Infusion dan Agitasi Goncang.
Pre Infusion membantu bubuk kopi agar partikelnya lebih mengembang hingga kopi lebih leluasa melepas karbon dioksida, zat penting yang bertanggungjawab akan rasa kopi. Sementara dengan melakukan Agitasi Goncang, crema kopi lebih merata terbentuk pertanda proses ‘pemasakan’ kopi terjadi dengan sempurna.


Demikianlah kalimat yang terdapat pada bannner di dekat pintu masuk ruangan 'kedai Kopi Goncang'.Berlokasi di Jl Abdurahman Saleh (BLKI) Komplek Bapindo No 2 Pontianak, Kopi Goncang menempati bangunan kantor TRUSTCO Pontianak yang sekaligus juga markas para penghobi olahraga panahan, Pontianak Archery Club. Kedai yang dikelola oleh bang David Teguh ini memang tak seperti warung kopi atau coffee shop kebanyakan yang berada di coffee street Kota Pontianak. Usianya yang kurang lebih sebulan, dengan baru memiliki lima meja kopi berbahan kayu. Namun bagi pemburu nikmat kopi, KopiGoncang betul-betul memiliki citarasa kopi yang mengguncang.

David Teguh, owner Kopi Goncang


Bagi penikmat kopi robusta, Kopi Goncang memang jelas berbeda setidaknya hal itu yang dirasakan oleh kami saat ngander (*singgah) menjelang siang. Kebanyakan penikmat kopi robusta di Kota Pontianak memilih menikmati kopi robusta dengan sajian yang disaring hingga dikenal dengan Kopi Saring. Namun Kopi Goncang disajikan ala tubruk atau kopi bubuk tanpa disaring. Meski demikan tampilannya tampak seperti kopi saring.

Bang David yang murah hati berbagi ilmu tentang perkopian menjelaskan, hal itu diakibatkan oleh proses Pre Infusion. Selain membasahkan cangkir kopi dengan air panas sebelum penyajiannya, bubuk kopi terlebih dahulu ‘direndam’ dengan air panas. Hal ini dimaksudkan unruk melepaskan karbondioksida yang terkandung dalam bubuk kopi. Karbondioksida inilah yang menurut Bang David salah satu penyebab mengapa orang dapat mengalami perut kembung setelah atau kebanyakan minum kopi.

Pre Infusion,proses perendaman kopi/anakponti


Setelah bubuk kopi ddirendam dalam beberapa detik hingga tampak gelembung-gelembung udara seperti buih soda pertanda karbondioksida yang dilepas, baru kemudian dituangkanlah air panas ke dalam cangkir secukupnya dilanjutkan dengan ‘mengguncang’ cangkir ke kanan-kiri atau memutarnya secara perlahan sampai terlihat crema kopi bermunculan. Selanjutnya Kopi Goncang siap diseruput … jossshh.

Agitasi Goncang, proses mengguncang atau memutar cangkir kopi setelah dituang air panas/anakponti

Crema/krim kopi yang bermunculan setelah diguncang/anakponti


Selain cara penyajiannya yang mengguncang, adalah asal bubuk kopi yang digunakan Kopi Goncang diimpor Bang David dari pulau Jawa. Karena ingin menyajikan citarasa kopi robusta yang berbeda dari kebanyakan kopi lokal, Bang David juga selektif dalam pemilihan biji/bubuk kopi. Pemilihan itu bukan tanpa alasan melainkan dari hasil hunting dan riset sana-sini.

Bersenda-gurau terguncang-guncang dengan Kopi Goncang



Puas terguncang-guncang nikmat Kopi Goncang, Bang David mengajak kami ke pekarangan belakang. “ Yokk … kita memanah!” serunya. Spontan saja dengan semangat kami menyambut seruan Bang David setelah mata ini terang benderang pasca menyeruput Kopi Goncang di siang hari itu yang agak mendung mengundang kantuk. Di halaman belakang bangunan Kopi Goncang tersebut terdapat areal seluas kurang lebih empat kali dua belas meter persegi berpagar kayu tinggi. Tampak beberapa buah target sasaran, busur panah dan anak panah. Ini dia …! Markas Pontianak Archery Club.


Tidak ada komentar:

Kebut Kebutuhan Ramadhan 2023

  Kebut Kebutuhan Ramadhan 2023 bersama Tokopedia. Ada cashback hingga 90% berlaku dari tanggal 9 hingga 12 Maret 2023. Buruan dikebut, ten...