Sabtu, 25 Februari 2023

Lookis Arts, Komunitas Pelukis On The Spot Kota Pontianak

Lookis Arts saat on the spot di sebuah objek rumah khas Melayu yang tampak sudah menua. [Fb/Lookis Arts]


Pontianak adalah kota yang dikenal dengan keindahan alam tropisnya. Berada tepat di garis khatulistiwa menjadikan kota Pontianak, ibukota Kalimantan Barat ini dilimpahi kekayaan sinar matahari yang tak mengenal musim. Di iris belahan nadi khatulistiwa, Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia menambah eksotika kota Pontianak menarik untuk diabadikan. Belum lagi dengan keberagaman sosial budaya warganya yang memikat. Keragaman suku hidup harmonis di kota yang konon sedari dulu disebut kota persinggahan (khun tien, red) oleh warga Tionghoa.

 

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa di kota ini terdapat komunitas pelukis yang begitu mencintai keindahan alamnya kemudian menyajikan ulang dalam bentuk karya seni lukis. Komunitas ini dikenal dengan nama Lookis Arts, sebuah komunitas pelukis yang gemar melukis secara langsung di alam terbuka seputar kota Pontianak.

 

Lookis Arts, sebuah kumpulan dari pelukis-pelukis dari Kota Pontianak. Mengusung motto melukis suka-suka, komunitas pelukis kota Pontianak ini kerap menggelar kegiatan bersama melukis objek secara langsung di tempat. Lokasi-lokasi objek yang mereka lukis kebanyakan dari seputaran kota Pontianak hingga ke pinggiran-pinggiran yang mana banyak terdapat objek sungai-sungai kecil percabangan dari anak Sungai Kapuas, perkampungan yang masih asri. Tak jarang juga mereka blusukan di tengah kota, dimana terdapat heritage yang menarik untuk mereka representasikan dalam sapuan kuas di atas kertas maupun kanvas.Pasar Tengah, bantaran Sungai Kapuas, dermaga Kapuas Besar, hingga lingkungan istana Kadariyah, adalah sebagian dari heritage-heritage Kota Pontianak yang seakan tak bosan-bosannya mereka lukis langsung di lokasi.

 

Aktif semenjak tahun 2017, anggota komunitas pelukis kota Pontianak ini terdiri dari beragam latar belakang yang unik. Mayoritasnya tidak memiliki latar belakang akademis di bidang seni rupa. Keahlian mereka melukis didapat secara otodidak dan natural. Sebagiannya menjadikan kegiatan berkesenian sebagai profesi, ada juga yang bekerja sebagai honorer pada sebuah BUMN dan ada pula yang berlatar belakang swasta. Namun apapun latar belakang pekerjaannya, mereka disatukan oleh hobi dan kegemaran yang sama. Menggambar dan melukis secara langsung di alam terbuka atau biasa mereka istilahkan dengan on the spot.

 

Inspirasi Masyarakat


Setiap akhir pekan, pada waktu yang telah disepakati bersama mereka berkumpul di taman atau tepi sungai untuk menggali inspirasi dari pemandangan sekitar dan menyalurkan kreativitas mereka ke atas media lukis.

 

Beberapa anggota komunitas pelukis kota Pontianak ini telah mengadopsi gaya lukisan aliran impresionisme, menangkap suasana alam dengan warna-warna cerah dan kuat yang melebur harmonis. Yang lain memilih gaya realisme, menangkap detail-detail yang rumit dalam alam dengan presisi dan keahlian yang luar biasa.

 

Berkarya di alam terbuka bukanlah hal yang mudah. Para pelukis harus mampu menyesuaikan diri dengan kondisi alam yang berubah-ubah, seperti cuaca yang kadang tidak mendukung, dan situasi lingkungan yang berisik. Namun, para pelukis dari Lookis Arts menganggap hal ini sebagai tantangan dan menjadikannya sebagai bagian dari proses kreatif mereka.

 

Tidak hanya mengeksplorasi  keindahan dari alam sekitar, komunitas ini juga menjadi tempat berkumpul dan berbagi pengetahuan dan pengalaman. Mereka saling memberikan masukan dan kritik yang membangun untuk membantu meningkatkan kualitas karya masing-masing.

 

Tak jarang, komunitas pelukis kota Pontianak ini juga ikut serta dalam pameran-pameran lukisan yang diselengggarakan di kota Pontianak. Pameran ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan karya-karya terbaik mereka dan memperoleh apresiasi dari masyarakat.

 


Dalam komunitas ini, para pelukis tidak hanya mengejar keindahan, tetapi juga menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Melalui seni, mereka ingin menginspirasi masyarakat untuk menjaga keindahan alam Pontianak yang unik dan khas.

 

Tentunya, dengan adanya komunitas seni rupa yang aktif seperti Lookis Arts, semakin memperkaya warna dan budaya kota Pontianak. Karya mereka yang dipenuhi nuansa alam memberikan pandangan baru dan inspirasi bagi orang-orang yang mengagumi seni. Semoga keberadaan Lookis Arts dapat terus memberikan kontribusi dalam dunia seni rupa dan melestarikan kekayaan alam yang dimiliki Kalimantan Barat.





Tidak ada komentar:

Kebut Kebutuhan Ramadhan 2023

  Kebut Kebutuhan Ramadhan 2023 bersama Tokopedia. Ada cashback hingga 90% berlaku dari tanggal 9 hingga 12 Maret 2023. Buruan dikebut, ten...