Kamis, 20 Juli 2017

Festival Pasar Rakyat Kote Pontianak 2017



Festival Pasar Rakyat Kote Pontianak 2017 merupakan Festival Pasar Tradisional terbesar pertama di Indonesia yang berbasiskan pada komunitas. Festival yang sarat atas nilai-nilai budaya dan sejarah Kota Pontianak. Mengenalkan dan mempertahankan pasar tradisional di kota Pontianak sama halnya dengan mengenalkan dan mempertahankan nilai-nilai sejarah serta budaya kota Pontianak.

Di prakasai oleh komunitas-komunitas dari beberapa sektor dan subsektor ekonomi kreatif, Festival ini akan diadakan selama dua hari berturut-turut pada tanggal 22 - 23 Juli 201, berlokasi di tiga pasar yang kaya akan nilai budaya dan sejarah. Di dalamnya, akan ada banyak penampilan karya seni yang dikemas dan ditampilkan dalam bingkai keragaman. Masyarakat/publik nantinya akan dibawa kepada atmosfer pasar yang menarik, bermakna dan sarat akan nilai budaya Kota Pontianak.

Pasar Kenanga 
Letaknya berdekatan dengan pusat keagamaan dan Istana Kadriyah yang merupakan cagar budaya kota Pontianak, memiliki akar Sejarah dan Budaya yang terhubung-kait secara langsung dengan cikal bakal berdirinya Kesultanan dan Kota Pontianak. 
.
Pasar Kapuas Besar dan Pasar Tengah
Merupakan pasar induk pertama di Kota Pontianak. Keberadaan Pasar Tengah (Pasar Kapuas Besar), tidak hanya berada di tengah-tengah pasar saja. Namun juga sesungguhnya di tengah-tengah kota ini. Sejarah, komoditi, mereka yang singgah-berdagang, letak, bentuk, tinggi, arsitektur bangunan, bak air, parit, lorong, lebar jalan, lapak-lapak dan ruko-ruko bahkan kejadian-kejadian yang ada didalamnya sudah melebur menjadi satu kesatuan.  Melihat Pasar Tengah adalah juga kita melihat sejarah panjang Negeri Pontianak. Bahwa keberadaannya tidak akan mungkin terlepas dari kota ini. 


Sile lah, yang nak datang nonton, nak ngeliat-liat, yang nak ngelawar. Ade macam-macam tebiat buda Pontianak na. Yang menari, yang bepuisi, aaa....ade gak pesyen soww. Ade gak ajang selpi-selpi tang ade hadiahnye, ade gak lomba nggambar tang pesertanye nenek-nenek (*ngerampot kamek jak), ade gik aksi potogeraper-potogeraper balak buda Pontianak. Pokok e ramai lah, name gak pasar.

Awak datang, kamek sambot!


Info lebih lanjut. Follow akun resmi Festival Pasar Rakyat Kote Pontianak di instagram www.instagram.com/pegipasaryok
facebook/messenger search @festivalpasarrakyatkotepontianak



Tidak ada komentar:

Kebut Kebutuhan Ramadhan 2023

  Kebut Kebutuhan Ramadhan 2023 bersama Tokopedia. Ada cashback hingga 90% berlaku dari tanggal 9 hingga 12 Maret 2023. Buruan dikebut, ten...