Senin, 19 Januari 2015

Membace, Biar Tak Cun !



Pengaroh Membace Terhadap Kerje Otak

Buda' Beteng agek membace komik tentang kampongnye

Kate orang, kalo berantu membace buku di sebot kutu buku. Kalo suke nak membutakkan orang di panggel’e kutu kupret, kalo pengen benar nak kawen me jande di sebot’e kutu-nggu jandamu. Poko’ ape pon yang disebot bikin kite risau, kutu-mbuk mukamu :D
Haha. Intermezo jak sual kamek tak pandai bikin mukaddimah senarai tulisan ni. Memang kalo orang dah senget ngan hal-perihal membace tu lalu ade lah lapes nggelarnye padahal die nak nutop kekurangannye sorang sual membace. Tapi, sekarang tak di jamban tak di tepi paret. Orang sekarang paling rajen membace di banding sepuloh duak puloh taon lalu. Kerne kemajuan zaman yang disebot tehnolohi komunikasi tu dah bikin kegiatan membace sebagai hiboran. Kalo tak bace berape pasaran harge batu bacan sekarang di androidnye manee...kalo tak bejual isi dapok emaknye di kedai onlain manee...kalo tadak ngintai berape banyak peren-peren cowok pacarnye manee... semue jak tibe-tibe dah gemar membaca. Waleee ...

Jadi...sebenarnye baek keh tadak kebiasaan membace tu? Terlepas dari penomena membace tadik tu, ade penelitian tentang kegiatan membace ni. Saye cube sampaikan mengutep dari media orang barat independent.co.uk.

Ceweknye Jastin Biber agik mbace novel Ennie Arrow :D

Tersebotlah penelitian yang di buat Emory University, Amerika Serikat menemukan bahwe membace buku dengan kualitas isi yang baek dapat meningkatkan daya hubung  pada perubahan otak dan saraf yang istikomah, eh maksudnye teros-meneros berlangsung.

Perubahan tu terjadi di sebelah kiri otak yang merupakan sebuah area yang terkait dengan penerimaan otak terhadap bahase. Bagian ni gak merupakan area sensor motorik yang terdapat pada otak. Make kalo buda’-buda’ pendidik tu pasti tau lah yang estelahnye kemampuan otak kiri, kemampuan kognitif. Ape-apelah estelahnye tu.

Na, waktu kite membace tu lah, pada area tersebut terjadi fenomena yang disebut grounded cognition yang kerjenye untuk nipu pikiran kite supaye membayangkan hal yang agik dibace, sampai pikiran pon  pecayak bahwe kite yang melakukannye, padahal.... tadak bah !

Bentar lok ... kitak ngerti ndak mbace ni ? jangan sampai belinang-linang aek mate tapi tak nyambong, mmm curige aku...

Penelitian tersebot di atas melibatkan 21 murid. Tak tau gak murid ape, tak disebotkan mured es-de keh, mured es-em-a keh, mured paud keh? Pokok katenye mured jak gitu, buda’-buda’ tu di suroh  membace buku yang same, yaitu Pompeii (dah ade yang nonton pelamnye, kan?). Buku karya Robert Harris diterbitkan pada taon 2003 dan ber-genre thriller.

"Ceritanya, pemeran utama dalam novel ini sedang berada di luar kota Pompeii dan menyadari bahwa ada uap air dan keanehan yang muncul dari sebuah gunung api," kate profesor ahli saraf, Gregory Berns. "Ini merupakan penggambaran kejadian yang sebenarnya melalui dengan kemasan fiksi dan lebih dramatis. Hal yang penting buat kami adalah buku ini punya narasi yang kuat," katenye njelaskan pake bahase orang barat. :p

Selamak  19 hari mereke membace buku ketike malam hari, paginye mereke dimintak untok melalukan MRI scan. Haselnye memang gak ade perubahan saraf seperti yang dijelaskan sebelomnye.
sampailah  buku tu  selesai dibace, limak hari lewat otak mereke di-scan agik. Di  otak mereke ditemukan ade perubahan pade saraf yang maseh terjadi walaupon udah menginjak hari ke limak setelah selesai membace buku. Hal ini jak dah membuktikan bahwe epek membace buku bukan cumak terase sesaat jak, tapi ade pengaroh yang lebeh lamak gik.

Itu semue kate penelitian buda’, yang dibace pon cerite-cerite adaptasi-fiksi. Cemanelah epeknye kalo yang kite bace tiap ari tu Al Quranul Kareem. Yang epeknye tu, pahale buda’-buda’.

Eeh, banyak-banyak ngetek tulesan ni belom tentu gak kitak bace. Mmang busuk ati kitak !



Tidak ada komentar:

Kebut Kebutuhan Ramadhan 2023

  Kebut Kebutuhan Ramadhan 2023 bersama Tokopedia. Ada cashback hingga 90% berlaku dari tanggal 9 hingga 12 Maret 2023. Buruan dikebut, ten...