Jumat, 11 April 2014

Serunya Menyeberangi Sungai Terpanjang Di Indonesia



Menyeberang dengan junsun bocor ?

Anda pernah coba menyeberangi sungai terpanjang di Indonesia dengan perahu kecil atau sampan kayuh tanpa mesin atau dengan mesin ? Di antara lalu lalang kapal ponton dan tongkang yang membelah sungai ? Di antara ayunan gelombang sungai yang terkadang airnya masuk ke dalam sampan ? Atau ketika Anda tak beruntung karena sampan yang Anda tumpangi ternyata bocor ?
Mengetahui bahwa Anda tak pandai berenang dan pengemudi sampan tak menyediakan safety vest/ jaket pelampung , bagaimanakah reaksi orang-orang di sekeliling anda ?
Warga Melayu Pontianak menyebutnya dengan junsun , sebuah sampan/perahu kecil yang dipasangi mesin di belakangnya. Merupakan alat transportasi turun-temurun bagi masyarakat yang tinggal di pesisir sungai sebagai kendaraan penyeberangan alternatif terfavorit pilihan warga. Penumpang cukup membayar dua ribu rupiah dan terkadang membayar seikhlasnya lalu junsun siap mengantarnya ke seberang.
Pangkalan....merapat....merapat


Bersiap-siap
Aman gak ya.......
Junsun ini digunakan untuk menyeberangkan warga untuk bekerja di kota, sekolah, mengunjungi kerabat dan keperluan-keperluan lainnya. Sungai Kapuas memisahkan pusat Kota Pontianak, wilayah barat, selatan-tenggara dan wilayah timur dan utara kota pontianak yang merupakan wilayah kecamatan. 
Jembatan Kapuas I
Untuk menghubungkan ke dua wilayah yang terpisah sungai ini sebenarnya pemerintah pada tahun 1980 sudah membangun jembatan penyeberangan.Jembatan Tol Kapuas I, diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1982. Selain menghubungkan wilayah-wilayah di Kota Pontianak, juga diperuntukan menghubungkan jalur transportasi antara ibu kota propinsi dan kabupaten-kabupaten. Sebelumnya, untuk menghubungkan jalur dari hilir provinsi menuju hulu yaitu daerah-daerah pedalaman Kalimantan warga menggunakan kapal motor yang disebut motor/kapal bandong. Ada juga yang menggunakan motor klotok, sejenis motor air yang selalu mengeluarkan bunyi tok tok tok....
Motor Bandong

Motor Klotok mengangkut sembako ke hulu
Masih ada feri penyeberangan yang oleh masyarakat setempat menyebutnya pelampong. Namun, sampai saat ini junsun masih saja menjadi pilihan idola bagi sebagian warga Kota Pontianak. Karena memang Sensasi Menyeberangi Sungai Terpanjang Di Indonesia ini susah untuk dilupakan.
Feri penyeberangan/pelampongborneocultureindonesia.wordpress.com





·         Refernsi : id.wikipedia
·         Foto-foto : pribadi, google image dan http://borneocultureindonesia.wordpress.com/
 

Tidak ada komentar:

Kebut Kebutuhan Ramadhan 2023

  Kebut Kebutuhan Ramadhan 2023 bersama Tokopedia. Ada cashback hingga 90% berlaku dari tanggal 9 hingga 12 Maret 2023. Buruan dikebut, ten...